4 Syarat Belajar Tarot

Tarot adalah satu set kartu, yang biasanya berjumlah 78, yang biasanya dikenal oleh masyarakat sebagai media meramal atau konseling. Proses penggunaan Tarot untuk meramal atau konseling disebut Tarot reading atau membaca kartu Tarot di mana ada seorang Tarot reader membacakan kartu yang ditebar untuk kliennya. Bagi yang ingin belajar membaca kartu Tarot berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

1. Punya Kartu
Ini merupakan syarat utama untuk belajar Tarot. Tidak ada kartu, tidak bisa belajar. Namun demikian, masalahnya tidak semata-mata punya kartu. Dengan banyaknya pilihan kartu Tarot, atau yang biasa disebut dengan deck, memilih kartu yang tepat untuk mengawali belajar kadang menjadi persoalan tersendiri. Untuk pemula biasanya disarankan untuk memulai dengan deck yang tiap kartunya mengandung gambar naratif yang jelas, bukan kartu yang penuh dengan simbol-simbol yang barangkali susah untuk ditafsirkan. Deck yang seringkali disarankan untuk pemula adalah deck Rider Waite Smith (RWS) atau deck-deck yang berbasis RWS.

2. Keterbukaan Pikiran
Ada sebagian orang yang memandang bahwa Tarot identik dengan praktek perdukunan, bertentangan dengan agama, klenik, dan lain sebagainya. Mengingat masih adanya pandangan negatif seperti itu di masyarakat, keterbukaan pikiran sangat dibutuhkan dalam belajar Tarot.

3. Semangat Bermain-main
Salah satu hambatan dalam belajar Tarot adalah takut salah menafsirkan kartu. Hambatan mental dan pikiran seperti ini harus dihilangkan. Prinsip pembacaan Tarot adalah interpretasi atas gambar yang ada di kartu, dan kartu yang sama bisa ditafsirkan secara sama atau berbeda oleh orang yang berbeda. Tidak ada interpretasi yang salah. Untuk itu dibutuhkan semangat bermain-main dalam menafsirkan gambar-gambar di kartu. Takut salah hanya akan menghambat intuisi kita bekerja.

4. Ketekunan
Mempelajari apa pun dibutuhkan ketekunan, termasuk belajar Tarot. Barangkali hanya dibutuhkan beberapa jam untuk memahami dasar-dasar Tarot, namun untuk bisa mencapai pemahaman mendalam dan memperoleh manfaat yang optimal dibutuhkan jam terbang.

What’s next?
Setelah ke empat syarat tersebut dipenuhi, apa yang selanjutnya harus dilakukan? Cara paling cepat untuk memulai belajar Tarot adalah belajar dari praktisi Tarot yang sudah berpengalaman atau cari dan bergabung dengan komunitas Tarot di mana para peminat Tarot berkumpul. Namun apabila praktisi atau komunitas Tarot susah ditemukan, alternatif belajar Tarot adalah mencari buku panduan belajar Tarot yang baik atau mencari sumber-sumber belajar Tarot online.

Advertisements

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s