Sekelumit tentang Sejarah Tarot di Indonesia

Kapan Tarot pertama kali masuk Indonesia merupakan pertanyaan yang susah dijawab dengan akurat karena tidak ada dokumentasi tertulis yang menjelaskan tentang hal ini. Karena Tarot adalah bagian dari budaya Eropa, spekulasi paling mungkin mengenai masuknya Tarot ke nusantara tentunya adalah ketika ada persentuhan Indonesia dengan kebudayaan Barat.   Apakah Tarot masuk ke Indonesia berbarengan dengan masuknya kolonialisme Belanda ataukah belakangan? Mungkinkah Tarot dibawa oleh kaum Teosofis? Siapa sajakah para perintis Tarot awal? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara akurat diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menelusuri sejarah masuknya Tarot di Indonesia.

Minat kepada Tarot mulai muncul ke publik dalam skala nasional setelah terbitnya buku Bunga Rampai Wacana Tarot yang ditulis oleh Ani Sekarningsih pada bulan April 2001. Buku ini adalah buku Tarot berbahasa Indonesia yang ditulis oleh orang Indonesia. Hadirnya buku ini nampaknya menandai awal sejarah modern Tarot di Indonesia. Pada waktu yang bersamaan Ani Sekarningsih juga menerbitkan satu set kartu Tarot yang bernuansa Indonesia, yaitu Tarot Wayang. Untuk penerbitan Tarot Wayang ini dia mendapat pengakuan tertinggi dari Tarot Certification Board pada American Tarot Association sebagai Grandmaster Tarot pertama di Indonesia. CTGM di belakang namanya adalah singkatan dari Certified Tarot Grandmaster.

Perkembangan teknologi internet ikut membantu penyebaran Tarot di Indonesia menjadi masif. Milis clubtarot@yahoogroups.com yang didirikan pada September 2000 berhasil menarik para peminat Tarot yang mempunyai akses internet untuk bergabung. Milis ini tidak bisa lepas dari peranan Ani Sekarningsih dan Leonardo Rimba. Milis ini adalah tempat untuk belajar, berbagi, dan bersilaturahmi. Selainn itu, milis ini juga menginspirasi terciptanya komunitas-komunitas Tarot di beberapa kota, seperti di Surabaya, Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta.

Jejak sejarah Tarot di Indonesia bisa ditelusuri lewat penerbitan buku-buku Tarot yang ditulis oleh orang-orang Indonesia. Karya terjemahan tidak dimasukkan dalam daftar berikut ini.

 

Judul Penulis Tahun
Bunga Rampai Wacana Tarot Ani Sekarningsih 2001
Tarot Wayang (plus kartu) Ani Sekarningsih 2002
Meramal dengan Kartu Tarot Eka Surya 2007
Psikologi Tarot Leonardo Rimba dan Audifax 2008
The Real Art of Tarot   (plus kartu ) Hisyam A. Fachri 2009
Easy Tarot (plus kartu) Lidia Pratiwi 2009
Tarot Psikologi Hisyam A. Fachri 2010
Tarot Past, Future & Life Hisyam A. Fachri 2012
Tarot Kisah Perjalanan Kehidupan Leonar Yogi Hartanto 2012
Tarotivator Indra Ferdianto 2012
Meramal Semudah Membalik Kartu Tarot (plus kartu) Hermes Fortune 2013
Belajar Mudah Bermain Tarot Klub Tarot Jakarta 2013
Tarot & Psikologi Simbol Leonardo Rimba dan Audifax 2013

 

Advertisements

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s