6 Strategi Membangun Makna Kartu Tarot

Inti dari pewacanaan Tarot adalah menginterpretasikan kartu dan menghubungkannya dengan masalah yang sedang dibaca. Dari interpretasi dan eksplorasi kartu bisa didapatkan opsi-opsi atau wawasan untuk dipertimbangkan sebagai solusi masalah. Pembelajar Tarot biasanya mengalami kesulitan ketika harus menafsirkan kartu yang muncul karena takut salah. Seringkali mereka tergantung pada kata kunci atau deskripsi dalam buku panduan. Berikut ini adalah 6 strategi untuk membangun makna selain merujuk pada buku panduan. Strategi-strategi ini diadaptasi dari buku Creative Brainstorming with the Bright Idea Deck karya Mark McElroy.

  1. Membuat daftar dan asosiasi

Amati apa saja yang ada di kartu tersebut, dan tulis daftarnya di secarik kertas. Perhatikan detailnya. Kemudian tuliskan asosiasi yang muncul dari tiap benda tersebut, misalnya gambar rumah, mengingatkan pada kenyamanan di rumah atau cicilan rumah yang belum lunas.

  1. Bercerita

Anggaplah kartu itu sebuah foto. Apa yang sedang terjadi di sana? Apa yang terjadi sebelumnya? Apa yang akan terjadi? Ambil 2 kartu, buat sebuah kisah dari 2 kartu tersebut. Apa yang terjadi dengan tokoh-tokoh di dalam kartu tersebut? Apa yang membuat tokoh-tokoh tersebut sampai pada situasi tersebut? Apa yang akan mereka lakukan? Dengan teknik yang sama, ambil 3 kartu, dst.

  1. Personalisasi

Bayangkan bahwa orang-orang yang ada di kartu tersebut adalah nyata, dan coba berempati dengan mereka. Apakah yang mereka pikirkan atau rasakan? Mengapa? Apa yang mereka katakan pada kita? Atau nasehat apa yang akan kita berikan kepada mereka?

  1. Memaknai secara ekstrem

Kira kira apa makna paling baik dari kartu tersebut, dan apa kira-makna terburuknya? Apa yang akan dikatakan oleh orang optimis tentang kartu tersebut, dan bagaimana pendapat orang pesimis? Dari dua kutub ekstrem, barangkali kita bisa menemukan pemaknaan di tengah-tengahnya yang cukup moderat.

  1. Membongkar kode

Berpura-puralah kartu ini berisi pesan rahasia yang dikirimkan oleh mentor berpengalaman yang sangat kita percayai yang hanya bisa berkomunikasi dengan kita lewat kode-kode simbol dalam kartu. Pesan apa yang ingin disampaikan oleh mentor kita?

  1. Mendeskripsikan

Gambarkan apa yang terlihat di dalam kartu. Apa yang kita lihat? Apa yang terjadi? Apa yang paling menonjol di sana? Dari gambaran yang diperoleh kemudian dihubungkan dengan masalah yang sedang dibaca.

 

Advertisements

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s