Apa Itu Taijiquan?

Taijiquan, atau lebih sering ditulis T’ai Chi Ch’uan atau bahkan Tai Chi, barangkali mempunyai makna yang berbeda-beda bagi tiap orang. Sebagian orang akan membayangkan sekelompok orang tua yang bergerak lembut di taman-taman kota di pagi hari. Bagi yang lain mungkin akan membayangkan pendekar yang mampu mengalahkan lawan-lawannya dengan gerakan yang unik. Ada yang beranggapan bahwa Taijiquan adalah semacam meditasi bergerak untuk keperluan kesehatan atau bahkan spiritual. Tidak mudah untuk mendefinisikan apa itu Taijiquan.

太極拳 bila dituliskan dalam Pinyin menjadi Taijiquan dan bila dituliskan menggunakan sistem Wade-Giles menjadi T’ai Chi Ch’uan. Barangkali demi kepraktisan, seringkali dalam percakapan atau tulisan orang menyingkatnya menjadi Taiji atau Tai Chi untuk merujuk pada Taijiquan atau T’ai Chi Ch’uan. . Demi kepraktisan dan konsistensi ejaan, untuk selanjutnya versi Pinyin akan dipakai, yaitu Taijiquan.

(Tai) secara harafiah berarti “agung” atau “besar”, sedang (Ji) sebagai superlatif berarti “paling.” Namun demikian, 太極 (Taiji) sebagai satu kesatuan mempunyai arti sebagai prinsip yang mengatur alam semesta. Di dalam Taijiquan Lun yang ditulis oleh Wang Zongyue dikatakan bahwa “Taiji berasal dari Wuji (kekosongan), ibu dari Yinyang.” (Quan) diterjemahkan sebagai “kepalan” atau “tinju”. Taijiquan sering diterjemahkan sebagai tinju yang berdasarkan pada prinsip Yin yang.

Bagi mereka yang belum pernah mengenal Taijiquan sebelumnya definisi berdasarkan nama nampaknya kurang memberi gambaran yang jelas, atau bahkan menimbulkan pertanyaan lebih lanjut seperti misalnya apa itu Wuji dan apa itu Yinyang. Untuk saat ini kita belum perlu menggali tentang konsep-konsep tersebut, yang mungkin malah membuat penggambaran tentang Taijiquan semakin rumit. Deskripsi modern yang ada dalam buku The Harvard Medical School Guide to Tai Chi (Peter M. Wayne, PhD, 2013) untuk saat ini sudah memberi gambaran yang lengkap tentang apa itu Taijiquan, yang secara umum didefinisikan,

Tai Chi is a mind-body exercise rooted in multiple Asian traditions, including martial arts, traditional Chinese medicine, and philosophy.”

[Tai Chi adalah olah tubuh dan pikiran yang berakar pada berbagai tradisi Asia, yang meliputi seni bela diri, pengobatan Cina tradisional, dan filosofi.]

Lebih lanjut lagi dikatakan,

Tai Chi training integrates slow, intentional movements with breathing and cognitive skills (for example, mindfulness and imagery). It aims to strengthen, relax, and integrate the physical body and mind, enhance the natural flow of Qi, and improve health, personal development, and self-defense.

[Pelatihan Tai Chi mengintegrasikan gerakan perlahan yang diniatkan dibarengi pernafasan dan ketrampilan kognitif (misalnya perhatian penuh dan visualisasi). Tujuannya untuk memperkuat, merilekskan, dan mengintegrasikan tubuh fisik dan pikiran, meningkatkan aliran alami Qi, dan memperbaiki kesehatan, pengembangan diri, dan bela diri.]

Definisi umum tersebut sudah merangkum beberapa aspek yang ada dalam Taijiquan secara seimbang antara aspek fisik dan pikiran, dan juga aspek bela diri, kesehatan, dan filosofi tanpa memberi bobot lebih pada salah satu aspek yang kadang bisa menimbulkan perdebatan yang kurang produktif di antara para praktisi Taijiquan.

Advertisements

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s