4 Alasan Umum Berlatih Taijiquan

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari berlatih Taijiquan, kita perlu tahu apa tujuan kita berlatih. Dengan mengetahui tujuan atau alasan kita berlatih diharapkan kita bisa berfokus pada apa yang menjadi tujuan kita. Sebagaimana saya melihatnya, setidaknya ada 4 alasan mengapa orang berlatih Taijiquan. Pengelompokan ini bisa jadi saling tumpang tindih.

 

  1. Kesehatan

Barangkali alasan kesehatan adalah alasan yang paling umum dalam berlatih Taijiquan, karena kesehatan yang bagus akan menjadi landasan bagi kegiatan lainnya. Mereka yang berlatih Taijiquan untuk kesehatan paling mudah ditemui di taman-taman pada pagi hari. Sebagian besar kelompok ini adalah orang-orang tua. Biasanya yang mereka latih adalah senam Taiji. Sebagai senam yang gerakannya perlahan Taijiquan memang sesuai untuk warga senior ini karena kondisi fisik mereka kurang mendukung untuk melakukan olah raga atau yang senam yang high impact seperti aerobik misalnya. Dengan melakukan bentuk jurus Taijiquan secara teratur mereka memperoleh yang mereka cari, yaitu kesehatan. Mereka kurang tertarik untuk berlatih tuishou (latihan berpasangan dengan tangan saling menempel) ataupun aplikasi dari jurus tersebut.

 

  1. Bela diri

Mereka yang berfokus mempercayai bahwa Taijiquan pada mulanya dibuat untuk keperluan bela diri. Dalam sejarahnya di Tiongkok para master tentunya tidak berlatih Taijiquan untuk sekedar alasan kesehatan. Banyak kisah para master yang bisa mengalahkan lawan-lawannya dengan prinsip-prinsip Taijiquan, seperti 4 ons mengalihkan 1000 kati. Selain berlatih jurus, mereka yang berfokus pada Taijiquan untuk bela diri ini, juga melatih tuishou dan aplikasi bela diri dari gerakan-gerakan Taijiquan. Komunitas Taijiquan bela diri lebih tertutup dibandingkan dengan Taijiquan kesehatan yang mudah ditemui di tempat-tempat publik. Karena pada umumnya masih bersifat perguruan tradisional, komunitas Taijiquan yang berorientasi bela diri lebih susah diakses oleh publik. Seringkali ada syarat-syarat khusus perguruan yang membuat tidak semua orang bisa bergabung di sana.

 

  1. Perlombaan

Secara umum ada dua jenis Taijiquan yang dilombakan, yaitu taolu (jurus) dan tuishou. Dalam taolu yang dinilai adalah keakuratan dan keindahan jurus, baik perorangan maupun beregu. Walau pada awalnya tuishou adalah metode latihan dalam Taijiquan, dalam perkembangan modern metode latihan ini dilombakan. Dalam tuishou yang dinilai adalah bagaimana peserta bisa menjatuhkan lawannya dengan tangan harus menempel tanpa memukul dan menendang. Peserta lomba taolu biasanya adalah mereka yang sudah menekuni senam Taiji untuk kesehatan, sedang peserta lomba tuishou adalah mereka yang sudah berlatih aplikasi jurus untuk keperluan bela diri. Kedua kelompok ini mengikuti lomba untuk menguji apa yang sudah dipelajari dan dilatih selama ini.

 

  1. Sosialisasi

Tentunya kita semua gembira kalau bisa bertemu dan berbagi dengan orang-orang yang mempunyai minat yang sama dengan kita, dan ini menjadi dasar bagi terbentuknya komunitas apa pun itu. Kadang kegembiraan dalam bersosialisasi bisa membelokkan tujuan semula mengapa kita bergabung dalam komunitas. Dalam komunitas Taijiquan, kadang ditemui orang-orang yang nampaknya lebih menikmati bersosialisasi ketimbang berlatih dan meningkatkan ketrampilan Taijiquannya atau bisa jadi mereka yang menjadi pengurus di komunitas atau organisasi Taijiquan lebih disibukkan oleh kegiatan “kepengurusan” ketimbang berlatih. Ngobrol memang lebih asyik ketimbang berlatih.

 

Penutup

Untuk mereka yang sudah sekian lama menekuni Taijiquan tentunya bisa menyadari berada di kelompok yang mana, sedang bagi yang ingin memulai berlatih Taijiquan, pertanyaannya adalah ingin berada di kelompok yang mana?

 

 

Advertisements

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s