5 Level Taijiquan Menurut Chen Xiaowang

Grandmaster Chen Xiaowang adalah salah satu dari empat penjaga atau penerus Taijiquan aliran keluarga Chen, yang ke empatnya mendapat gelar Si Da Jin Gang. Tiga penjaga lainnya adalah Chen Qi Lei, Wang Xi An, dan Zhu Tien Cai. Gelar tersebut diberikan oleh pemerintah RRC kepada mereka berempat (Tai Chi Magazine, edisi 03, November 2010).

Taijiquan tidak memiliki sistem tingkatan yang baku, seperti yang ada dalam beberapa bela diri lain yang ditunjukkan dengan sabuk. Orang yang berlatih lebih lama belum tentu mempunyai ketrampilan Taijiquan yang lebih bagus ketimbang orang yang berlatih lebih pendek waktunya. Tingkat pencapaian Taijiquan tergantung dari pencapaian individual, yang meliputi berbagai faktor seperti latihan dengan benar dengan jam terbang yang tinggi. Berikut ini akan dipaparkan 5 level Taijiquan menurut Chen Xiaowang. Sebagian besar artikel ini merupakan saduran atau terjemahan bebas saya atas artikel berjudul Master Chen Xiaowang’s Five Levels of Skill in Tai Chi Training oleh Howard Choy and Ahtee Chia yang bisa diakses di http://www.nickgudge.ie/5.d.ix.-five-levels-of-gong-fu-choy-chia.html

Chen Xiaowang mengatakan belajar Taijiquan berarti mendidik diri sendiri, dari tingkat paling dasar sampai ke tingkat yang tinggi. Untuk bisa mengikuti kuliah atau seminar di universitas, tentunya kita harus menyelesaikan pelajaran kita dari SD sampai SMA. Tidak ada jalan pintas untuk bisa mencapai ketrampilan di tingkat yang tinggi. Kemajuan dalam Taijiquan tidak bisa diukur dengan berapa banyak bentuk atau jurus (forms) yang dipelajari, namun lebih ke bagaimana prinsip-prinsip Taijiquan bisa diserap dan diintegrasikan dalam gerakan kita.

Level 1: Bentuk dan Postur

Pada level ini kita membangun bentuk dan postur yang benar. Bentuk dan postur adalah dasar yang penting dalam Taijiquan. Untuk mendapatkan postur yang benar kita harus menjaga tubuh tetap tegak, kepala tegak seperti digantung benang, bahu dan dada rileks, pinggang kendor, lutut ditekuk, dan selangkangan bulat. Biarkan qi mengendap di dantian. Bagi pemula mungkin agak susah untuk bisa menjalankan semuanya ini pada awalnya. Pada level ini bentuk Taijiquan yang dilakukan mungkin masih kasar dan putus. Jangan mengejar kesempurnaan. Nikmati prosesnya. Dengan latihan yang benar, lama kelamaan tentunya bentuk dan postur kita akan semakin baik. Setelah enam bulan mungkin bentuk gerakan sudah dikuasai.

Di level ini dikatakan satu yin dan sembilan yang, di mana yang lebih dominan ketimbang yin. Seperti tongkat yang ditancapkan ke tanah. Karena masih dangkal dan kurang mengakar dengan mudah didorong. Di level ini latihan berpasangan dan duishou belum disarankan.

Level 2:   Aliran Qi

Kalau di level 1 gerakan digunakan untuk memunculkan qi, di level ini bentuk tetap harus dilatih agar gerakan lebih halus dan mengalir. Mungkin qi sudah bisa dirasakan, walaupun belum bisa mengalirkannya. Ada dua alasan mengapa qi belum bisa mengalir. Pertama, qi belum terkoordinasi dengan baik dan barangkali karena posturnya belum benar. Untuk itu postur harus dibetulkan sehingga internal dan eksternal terkoordinasi. Harmoni internal maksudnya adalah kesatuan hati dan pikiran, qi dan kekuatan, otot dan tulang. Harmoni eksternal adalah keselarasan tangan dan kaki, siku dan lutut, dan bahu dengan paha. Kedua, mungkin gerakan dilakukan terlalu cepat sehingga gerakan menjadi kasar atau terlalu lamban sehingga gerakannya putus.

Ketika di level 1 dirasakan kemajuan diperoleh dengan cepat, namun di level 2 kemajuan terasa lamban atau mungkin bahkan tidak terasa tidak ada kemajuan sama sekali. Di level ini orang bisa frustrasi dan mungkin berhenti berlatih. Yang dibutuhkan pada saat ini adalah tekad yang kuat dan ketekunan. Yang perlu dilakukan adalah memeriksa kembali bentuk gerakan. Kembali ke prinsip-prinsip dasar. Benahi postur, dan gerakkan seluruh tubuh sebagai satu unit. Ketika satu bagian tubuh bergerak, semua bergerak. Tidak boleh lebih tidak boleh kurang. Mengalir mengikuti perubahan, dan berputar serta bergerak secara wajar.

Dengan latihan yang benar, setiap orang mempunyai potensi untuk berhasil. Level ini membutuhkan waktu kurang lebih empat tahun untuk menyelesaikannya. Qi akan mulai mengalir dan bisa digunakan. Dengan demikian, rasa percaya diri akan meningkat dan Taijiquan menjadi semakin menarik.

Latihan jurus dan duishou mensyaratkan ketrampilan yang sama. Masalah yang didapat dalam duishou akan muncul dalam jurus, dan sebaliknya. Perhatikan Peng, Lu, Ji, An. Jika tubuh atas dan bawah saling mendukung, tentunya akan sulit dikalahkan, dan prinsip empat tail menghela seribu kati akan bisa digunakan.

Level ini adalah dua yin dan delapan yang – masih belum lengkap dan belum terkoordinasi.

Level 3:   Bergerak dari Lingkaran Besar ke Lingkaran Sedang

Yang dimaksud dengan “lingkaran” bukan hanya gerakan tangan dan kaki, namun juga gerakan internal qi. Untuk meningkatkan kemampuan Taijiquan, lingkaran harus semakin kecil — dari lingkaran besar menjadi lingkaran sedang kemudian menjadi lingkaran kecil, dan akhirnya menjadi tanpa lingkaran. Dimulai dari lingkaran besar agar lebih mudah untuk merasakan qi, namun dengan kemajuan yang diperoleh, kepekaan dan pengendalian menjadi lebih halus dan lingkaran bisa diperkecil.

Kalau di level 1 difokuskan untuk mempelajari bentuk dan postur, di level 2 dilatih untuk menghilangkan kontradiksi dalam gerakan tubuh dan aliran qi serta belajar untuk membenahi postur sehingga qi bisa mengalir bebas, di level 3 ini dipelajari untuk menggunakan pikiran untuk menggerakkan qi. Di dalam Klasik dikatakan pikiran menggerakkan qi, qi menggerakkan badani. Pikiran digunakan untuk mengurangi tenaga kasar, bagaimana qi bisa mengendap tanpa menjadi tegang, bagaimana di luar nampak lembut namun di dalam kuat.

Di level ini pemahaman dasar tentang koordinasi antara aliran qi dan bentuk eksternal diperoleh. Bentuk gerakan menjadi natural dan aliran qi berjalan lancar. Namun demikian, qi masih belum kuat dan koordinasi tubuh-pikiran belum sempurna.

Ketrampilan di level ini digambarkan sebagai tiga yin dan tujuh yang – ketrampilan masih belum tepat dan keras.

Level 4:   Bergerak dari Lingkaran Sedang ke Lingkaran Kecil

Level ini sudah termasuk level yang tinggi. Alirkan qi, perhatikan koordinasi nafas, gerakan, dan aplikasi bela diri. Semua gerakan harus tanpa putus, tanpa kelemahan di bagian tubuh, dan qi mengalir ke seluruh tubuh. Ketika berlatih jurus bayangkan dikelilingi oleh serangan-serangan lawan, namun ketika bertarung bayangkan tidak ada seorangpun sehingga gerakan bisa gesit dan alami serta raut muka tidak berubah.

Di level ini postur sudah stabil, dan tidak mudah dikalahkan dalam duishou. Lawan bisa ditangkal dengan gerakan tubuh yang halus dan bisa menyesuaikan arah dan energi sesuai perubahan lawan. Internal qi sudah bisa dikoordinasikan dengan gerakan luar, .dan bisa merasakan apa yang akan dilakukan lawan sebelum dia bergerak. Fajing lebih bersih, dan dengan mudah bisa menemukan kelemahan lawan.

Tahap ini bisa dikatakan sebagai empat yin dan enam yang – seniman bela diri yang ulung. Level ini membutuhkan waktu kurang lebih tiga tahun.

Level 5:   Bergerak dari Lingkaran Kecil ke Tanpa Lingkaran

Dari berbentuk menjadi tak berbentuk. Di level ini gerakan menjadi hidup dan terkoordinasi, tenaga internal penuh. Yang dicari di sini adalah keunggulan di dalam keunggulan. Perubahan bisa dilakukan tanpa putus, dan energinya tidak kelihatan. Ada perubahan kosong isi secara internal, namun dari luar tidak terlihat adanya gerakan atau perubahan.

Dari perspektif bela diri, keras dan lunak menjadi satu. Rileks dan waspada. Qi bisa diallirkan ke seluruh tubuh, dan seluruh tubuh peka dan hidup. Dengan demikian seluruh tubuh bisa digunakan untuk menerima serangan dan mengemballikannya sekehendak hati.

Level ini adalah lima yin dan lima yang – keseimbangan yang sempurna.

Advertisements

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s