Taijiquan dan Qigong

Ada yang berpendapat bahwa belajar Taijiquan tanpa belajar Qigong kurang lengkap. Untuk melihat hubungan antara Taijiquan dan Qigong tulisan ini akan dimulai dengan membahas apa itu Qi dan Qigong kemudian akan kita lihat kaitannya dengan Taijiquan.

Qi dan Qigong

Konsep Qi merupakan salah satu konsep kuno dari Tiongkok yang berusia ribuan tahun. Para master Taois di jaman dulu mempercayai bahwa Qi adalah nafas kehidupan yang melingkupi semua yang ada dalam alam semesta. Dari terjemahan harafiah karakter Qi bisa diterjemahkan sebagai udara atau nafas, namun penerjemahan ini kurang bisa mengakomodasi aspek Qi secara lengkap. Kadang diterjemahkan sebagai energi atau nafas kehidupan, atau dalam bahasa India lebih dikenal dengan Prana, atau dalam bahasa Jepang dengan KI. Karena tidak ada padanan kata yang tepat kata Qi tidak diterjemahkan dan tetap dipakai sebagaimana apa adanya.

Pada tingkat manusia dipercayai jika sirkulasi Qi yang berjalan lancar tanpa hambatan ke seluruh tubuh akan menghasilkan kesehatan yang optimal. Ketegangan atau stress merupakan salah satu penyebab tidak mengalirnya Qi secara lancar sehingga menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Para praktisi Taois kuno di Cina menemukan latihan-latihan yang tujuannya untuk membuat sirkulasi Qi dalam tubuh berjalan lancar, dan latihan-latihan itu disebut Qigong.

Secara sederhana Qigong bisa didefinisikan sebagai latihan untuk mengolah Qi. Qigong merupakan hasil pengalaman ribuan tahun orang-orang Cina kuno untuk mengolah Qi untuk berbagai macam tujuan. Ada berbagai jenis latihan Qigong, namun secara umum bisa dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan tujuannya, yaitu kesehatan, bela diri, dan spiritual.

 

Perbedaan Taijiquan dan Qigong

Setidaknya ada empat hal yang secara umum membedakan Qigong dan Taijiquan.

Pertama, Taijiquan adalah salah satu bentuk Qigong, namun Qigong bukanlah Taijiquan. Bisa dikatakan bahwa Qigong adalah induk dari Taijiquan, di mana Qigong lahir lebih dulu baru dari praktek Qigong lahir Taijiquan.

Kedua, Taijiquan, dalam salah satu aspeknya yang cukup dominan, adalah seni bela diri, sedang Qigong adalah olah energi untuk kesehatan secara umum. Barangkali ini adalah pembeda paling tegas untuk membedakan Taijiquan dan Qigong. Dalam konteks pertarungan, seorang praktisi Taijiquan pada tingkatan mahir akan bisa lebih efektif dan efisien untuk menghadapi serangan lawan dibandingkan dengan seorang praktisi Qigong. Praktisi Taijiquan barangkali sudah bisa menangkal serangan lawan tanpa harus melibatkan Qi.

Ketiga, Taijiquan dan Qigong mempunyai gerakan yang berbeda. Walaupun ada gerakan yang dilakukan di tempat, di dalam Taijiquan sebagian besar gerakannya dilakukan dengan bergerak melangkah. Sementara dalam Qigong sebagian besar gerakan dilakukan dalam posisi di tempat. Menyangkut teknik fisik, dalam Taijiquan ada latihan tuishou (latihan berpasangan) untuk melatih kepekaan terhadap lawan maupun ketepatan teknik. Latihan tuishou ini tidak ditemui di dalam Qigong.

Keempat, Taijiquan dan Qigong mengolah energi yang berbeda. Masih dalam perpektif Taijiquan dalam aspek bela dirinya, Qi yang dilatih dan dikembangkan dalam Taijiquan diarahkan untuk lebih dari sekedar mencapai kesehatan, namun juga untuk keperluan bela diri. Sementara itu, dalam Qigong Qi yang diolah ditujukan untuk keperluan kesehatan, penyembuhan, atau spiritual. Karena Qi yang dilatih dan diolah untuk keperluan yang berbeda, praktisi Taijiquan tidak secara otomatis bisa menggunakan Qi untuk keperluan di luar bela diri. Demikian juga sebaliknya, praktisi Qigong belum tentu bisa memanfaatkan Qi yang dilatihnya untuk keperluan bela diri.

 

Advertisements

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s