Empat Tips Berlatih Zhan zhuang

Zhan zhuang adalah bentuk latihan berdiri yang biasanya dipraktekkan dalam bela diri internal seperti Taijiquan, Xingyi Quan, Bagua Zhang, dan Yiquan. Latihan Zhan zhuang dilakukan dengan berdiri statis dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu atau lebih dengan berat badan terdistribusi merata di kedua kaki, dan lutut ditekuk sedikit. Ada berbagai variasi bentuk tangan, namun yang paling populer adalah dengan bentuk tangan seperti memeluk pohon. Selain bermanfaat untuk kesehatan secara umum, para praktisi bela diri menggunakan latihan ini untuk membangun struktur tubuh yang benar yang membuat ketrampilan bela diri yang dilatih semakin efektif. Waktu yang dipersyaratkan untuk melatih Zhan zhuang sangat bervariasi tergantung aliran dan gaya yang dianut, yang rentang waktunya antara 2 menit sampai 2 jam. Berikut empat tips untuk berlatih Zhan Zhuang.

 

  1. Buat rutinitas

Seperti juga menabung, berlatih Zhan Zhuang dalam waktu yang pendek yang dilakukan secara teratur akan menghasilkan manfaat yang lebih optimal dibandingkan dengan latihan yang lama namun tidak teratur. Tentukan waktu yang bebas dari gangguan, dan mulailah dengan berdiri selama 2-5 menit. Lakukan ini secara konsisten. Ketika rutinitas sudah terbentuk tambah durasi waktunya menjadi 15 menit, 30 menit, atau lebih lama lagi.

 

  1. Dalam Zhan Zhuang kita melatih pikiran

Cara terbaik melatih pikiran adalah berlatih ketika kita bisa berkonsentrasi. Itulah sebabnya mengapa perlu mulai dengan durasi waktu yang pendek dengan tujuan agar kita bisa berkonsentrasi selama latihan. Setelah beberapa waktu tentuya secara alami kita bisa berkonsentrasi dengan lebih lama, dan dengan demikian kita bisa berlatih lebih lama.

 

  1. Mengatasi gangguan rasa sakit

Rasa sakit memang mengganggu, namun perlu diingat bahwa kita sedang melatih pikiran. Rasa sakit muncul karena ketegangan otot yang ada dalam tubuh kita. Sadari bagian tubuh yang tegang dan terasa sakit. Kendorkan ketegangan yang ada di bagian tubuh tersebut atau berganti postur, dengan demikian rasa sakit akan berkurang atau hilang. Namun ketika rasa sakit muncul di persendian secara berpola kemungkinan ada kesalahan postur. Untuk hal ini diperlukan bantuan guru atau orang lain yang lebih tahu untuk membantu.

 

  1. Minta bantuan orang lain untuk mengkoreksi

Untuk awalnya tidak perlu kuatir apakah postur yang dilatih benar atau tidak. Yang lebih penting adalah merasa relaks dan bisa menjaga keteraturan latihan. Setelah merasa nyaman tentunya dibutuhkan orang lain untuk melihat dan memberikan koreksi atas postur yang dilatih. Dengan berjalannya waktu kita akan bisa mengkoreksi sendiri apakah postur kita benar atau salah. Ketika berlatih dan kita tidak bisa berkonsentrasi sebaiknya latihan dihentikan karena kalau dipaksakan latihan menjadi membosankan dan kita tidak bisa menikmatinya, dan lama kelamaan kita akan berhenti berlatih. Ketika kita berkonsentrasi dan kita bisa menikmatinya, latihan menjadi menyenangkan dan kita bisa mendapat kemajuan dengan cepat.

 

Advertisements

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s