LI YIYU – INTI LATIHAN BENTUK DAN TUISHOU

Diterjemahkan dari ESSENTIALS OF THE PRACTICE OF FORM AND PUSH-HANDS oleh Li I-yu.

 

INTI LATIHAN BENTUK DAN TUISHOU

Li Yiyu

 Para pendahulu mengatakan: bisa menarik ke tempat kosong, Anda bisa menggunakan empat ons untuk mengalihkan seribu pon. Tidak bisa menarik ke tempat kosong, Anda tidak bisa mengalihkan seribu pon. Kata-kata tersebut sederhana, namun maknanya lengkap. Pemula tidak bisa memahaminya. Di sini saya menambahkan beberapa kata untuk menjelaskannya. Jika seseorang bertekad untuk mempelajari seni ini, dia bisa menemukan jalan dan akan memperoleh kemajuan setiap hari.

Jika ingin menarik ke tempat kosong dan bisa menggunakan empat pon untuk mengalihkan seribu pon, pertama-tama Anda harus mengetahui diri sendiri dan orang lain. Jika Anda ingin mengetahui diri sendiri dan orang lain, Anda harus meninggalkan diri dan mengikuti orang lain. Jika Anda meninggalkan diri dan mengikuti orang lain, pertama-tama Anda harus mempunyai timing dan posisi yang tepat. Untuk mendapatkan timing dan posisi yang tepat, Anda harus membuat tubuh Anda menjadi satu unit. Jika ingin membuat tubuh menjadi satu unit, pertama-tama Anda harus menghilangkan cekungan dan tonjolan. Untuk membuat seluruh tubuh tanpa putus atau lubang, Anda pertama-tama harus membuat shen dan qi bergolak dan mengembang. Jika Anda ingin shen dan qi bekerja dan mengembang, Anda harus pertama-tama menaikkan semangat (memberi perhatian) dan shen harus terpusat. Untuk membuat shen Anda terpusat, Anda harus pertama-tama membuat shen dan qi berkumpul dan menembus tulang. Jika ingin shen dan qi menembus tulang, pertama-tama Anda harus memperkuat kedua paha dan mengendorkan kedua bahu dan membiarkan qi mengendap.

Jin (tenaga internal) naik dari kaki, disalurkan ke tungkai, disimpan di dada, bergerak di bahu dan diperintahkan di pinggang. Bagian atas menghubungkan dua lengan dan bagian bawah mengikuti tungkai. Perubahannya ada di dalam. Mengumpulkan adalah menutup dan melepas adalah membuka. Jika diam berarti benar-benar tidak bergerak. Tidak bergerak berarti menutup. Dalam menutup, ada membuka. Jika bergerak, semuanya bergerak. Bergerak adalah membuka. Dalam membuka ada menutup. Ketika tubuh disentuh, tubuh berputar dengan bebas. Tidak ada tempat yang tidak mendapat tenaga. Maka Anda bisa menarik ke tempat kosong dan menggunakan empat ons untuk mengalihkan seribu pon.

Melatih bentuk tiap hari adalah kung fu (cara latihan) mengenal diri sendiri. Ketika Anda mulai berlatih, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah seluruh tubuh saya mengikuti prinsip-prinsip tadi atau tidak?” Jika ada satu tempat yang tidak mengikuti (prinsip-prinsip tersebut), maka koreksilah segera. Karena itu, dalam berlatih bentuk kita bergerak pelan bukan cepat.

Tuishou adalah kungfu mengenal orang lain. Karena gerak dan diam, walau untuk mengenal orang lain, kita masih harus bertanya pada diri sendiri. Jika Anda mengatur diri sendiri dengan baik, ketika orang lain menyentuh Anda, Anda tidak bergerak sedikitpun. Ikuti kesempatan dan hadapi jin (tenaga internal) dia dan biarkan dia secara natural jatuh keluar. Jika Anda merasakan ada yang tidak berdaya (di tubuh Anda), berarti ada beban ganda dan tidak berubah. Adalah perlu untuk mencari yin dan yang, membuka dan menutup. Kenali diri sendiri dan orang lain: dalam seratus pertempuran Anda akan selalu menang.

Advertisements

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s