Mungkinkah Berlatih Taijiquan tanpa Guru?

Dalam khasanah beladiri tradisional Cina hanya mereka yang berjodoh yang bisa belajar bela diri dari guru yang bagus. Dalam konteks belajar Taijiquan hal ini cukup rumit. Mencari orang yang menguasai Taijiquan sudah cukup sulit. Para pelatih yang bisa diakses publik dengan mudah, biasanya mereka yang mengajarkan Taijiquan untuk kesehatan, belum tentu menguasai Taijiquan yang benar, dan mereka yang mempunyai kualifikasi mengajar Taijiquan dengan lineage otentik belum tentu bersedia mengajarkannya. Ketika guru Taijiquan yang bagus sulit didapatkan, sementara hasrat berlatih sangat tinggi, pertanyaannya adalah mungkinkah berlatih Taijiquan tanpa guru.

 

Sebelum ada internet, sumber belajar Taijiquan di luar guru yang nyata adalah buku. Belajar gerakan Taijiquan lewat buku menggantungkan gambar ilustrasi yang ada di buku tersebut dan penjelasan teksnya. Seringkali gambar ilustrasi gerakan tersebut merupakan hasil akhir dari suatu proses gerakan tanpa ada penjelasan proses sebelumnya bagaimana. Kerumitan belajar lewat buku yang mengandalkan gambar ilustrasi bisa diatasi dengan adanya video dari CD atau pun dari internet. Buku dan video bisa membantu belajar atau berlatih Taijiquan, namun apakah mereka bisa menggantikan kehadiran seorang guru?

 

Di dalam buku Master Cheng’s New Method of Taichi Ch’uan Self-Cultivation, Zheng Manqing menceritakan ada seorang kawan lama yang mengunjunginya di tahun 1936 di Nanking dan memintanya untuk memberikan pelajaran Taijiquan untuk kesehatan. Zheng Manqing memilih dan mengajarinya lima postur: Peng, Lu, Ji, An, dan Dan Bian. Kemudian mereka berpisah dan tidak bertemu lagi sampai tahun 1939 di Szechuan. Kawan tersebut memainkan seluruh jurus Taijiquan dan meminta Zheng Manqing untuk mengkoreksinya. Zheng Manqing menanyakan ke kawan tersebut siapakah gurunya, dan kawan tersebut tertawa dan mengatakan bahwa Zheng Manqing adalah gurunya. Zheng Manqing mengatakan bahwa dia hanya mengajarkan lima postur, bukan seluruh jurus. Kawan tersebut mengatakan bahwa setelah berpisah dia mempelajari Taijiquan dari buku karya Yang Chengfu. Zheng Manqing terkesan dengan kemampuan kawan tersebut yang mampu mempelajari seluruh jurus berdasarkan beberapa jurus yang diajarkan.

 

Di dalam salah satu syair klasik Taijiquan, Song of Thirteen Postures, dikatakan bahwa untuk memasuki pintu dan ditunjukkan jalan, orang harus mendapatkan transmisi lisan, berlatih tanpa henti, dan menggali sendiri. Baris ini diartikan bahwa untuk mendapatkan pelajaran inti Taijiquan harus melewati seorang guru yang mumpuni. Dikatakan juga dalam syair klasik bahwa kesalahan sedikit bisa menyimpang jauh. Zheng Manqing dalam Thirteen Treatises of Cheng Tzu’s Tai Chi Chuan mengutip Yang Chengfu yang mengatakan bahwa kalau tidak ada yang memberi tahu dalam tiga kali kehidupan kita tidak akan bisa memahami Taijiquan.

 

Untuk belajar Taijiquan kondisi idealnya adalah adanya guru yang mengajari inti dari Taijiquan dan diperdalam lewat latihan dan pemahaman lewat buku-buku yang bagus. Namun dalam kenyataan ketika tidak seorang guru pun bisa ditemui dan tidak ada sumber belajar lainnya, jelas pintu belajar Taijiquan tertutup untuk saat ini. Mereka yang mempunyai kondisi seperti ini hanya bisa bersabar untuk terus mencari sumber belajar. Sementara itu ada orang yang sedikit lebih beruntung. Walau tidak mendapatkan seorang guru, mereka mempunyai sumber belajar pengganti guru yaitu buku dan atau video. Dalam prakteknya ada orang yang bisa belajar dan berlatih Taijiquan lewat buku dan video, dan bahkan ada pula cerita tentang orang yang bisa mengajarkan Taijiquan dan beladiri lain berdasarkan apa yang dipelajarinya lewat video. Tidak banyak orang yang bisa belajar Taijiquan secara mandiri, dan orang-orang ini membuktikan bahwa Taijiquan dimungkinkan untuk dipelajari secara mandiri, terlepas dari segala kelebihan dan kekurangannya. Namun tentu saja, mereka tetap disarankan untuk mencari guru untuk memastikan bahwa apa yang mereka pelajari selama ini berada di jalur yang benar.

Advertisements

Tags: , , , ,

3 Responses to “Mungkinkah Berlatih Taijiquan tanpa Guru?”

  1. rakhman Says:

    pak edy, apakah bapak mengadakan pelatihan tai chi secara private intensive, mungkin?

    • Edy Sukrisno Says:

      Pak Rakhman, biar lebih praktis barangkali kita bisa ngobrol via WA atau sms. Ini no WA/sms saya: 08156802838

  2. rakhman Says:

    siap pak bos..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s