Membangun Sikap Yang Baik Dalam Berlatih Taijiquan

oleh Wee Kee-Jin

 

Master Huang Xingxian pernah memberi nasehat bahwa seorang murid harus siap mendaki gunung demi guru yang baik, dan seorang guru harus bersedia menyeberangi lautan demi murid yang bagus.  Kedua usaha tersebut merefleksikan sikap yang baik.

 

Kosongkan Cawan

Syarat pertama mempelajari sesuatu yang baru adalah melepaskan apa yang sudah kita ketahui. Hanya ketika cawan kita kosong, akan ada ruang untuk mengisinya. Serap sepenuhnya tujuan dan fungsi di balik semua pelajaran baru, sebelum mengkaitkannya ke klasik. Jika sesuai dengan pemahaman kita tentang prinsip-prinsipnya maka masukkan ke dalam latihan yang kita jalani, jika tidak lepaskanlah. Barangkali itu bertentangan dengan arah kita sekarang, atau mungkin relevan bagi perjalanan Taiji kita di kemudian hari nantinya.

 

Berlatih

Murid jarang memberi kesempatan guru untuk mengajar.  Dengan tidak melatih apa yang sudah diberikan sebelumnya, kita tidak memiliki fondasi untuk pelajaran berikutnya.  Hanya datang ke tempat latihan atau workshop tidak akan membuat Taiji kita bagus.  Hasil diperoleh dari latihan.

 

Terimalah Kunci

Ketika seseorang mengajar kita, dia memasukkan metode latihan, atau menawarkan kunci pintu pada kita. Untuk membuka pintu dan memasuki ruangannya, kita perlu berlatih untuk membangun fondasi dari apa yang sudah diajarkan. Di tahap latihan berikutnya, bimbingan guru bisa memberikan kunci yang lain.  Namun demikian, bila kita belum memasuki pintu pertama, kunci yang baru ini tidak akan ada gunanya.

 

Nikmati Latihan

Pada awalnlya perlu untuk membangun kebiasaan latihan harian teratur untuk membangun disiplin diri. Namun kita harus menemukan kenikmatan dalam latihan kita, dan dengan demikian membangun keinginan untuk terus berlatih.  Jika tidak kita akan menciptakan resistensi mental yang menghambat kedalaman Taiji yang lebih halus untuk muncul.

 

Jadilah Guru Bagi Diri Sendiri

Perjalanan Taiji mensyaratkan keberadaan guru untuk membangun fondasi, atau sebagaimana dikatakan dalam klasik “untuk masuk pintu, Anda membutuhkan transmisi lisan “.  Tetapi saat fondasi sudah kuat, dan arah yang jelas sudah dibangun, kita masih bisa mendapatkan kemajuan bahkan tanpa guru. Kemudian ketika level tertentu sudah dicapai, dimensi pemahaman baru akan terbuka, dan dimulai proses eksplorasi dan penemuan yang bisa dilanjutkan sampai akhir hayat.

 

Selalu Menjadi Murid

Sebagai guru tidak berarti bahwa Anda sudah berhenti belajar. “Guru” hanyalah sebuah julukan, kita semuanya adalah murid yang terus belajar dan berlatih.

 

 

 

Diterjemahkan dari artikel

Develop a Good Attitude to Learning Taijiquan

http://www.taijiquan-school-of-central-equilibrium.com/notes/attitude/

Advertisements

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s