POIN-POIN PENTING UNTUK KEMAJUAN DALAM TAIJIQUAN

Oleh Wee Kee-Jin

 

Master Huang adalah praktisi ternama, namun dia paling dikenal menjulang sebagai guru. Dia mengembangkan latihan dan metode latihan sistematik yang memahami tahapan perkembangan murid. 

 

Mekanisme Fisik

Ketika belajar Taijiquan, kita semua mulai dengan postur yang buruk dan gerakan yang kaku. Maka kita perlu melakukan gerakan-gerakan pengendoran untuk membebaskan sendi-sendi yang terkunci dan ketegangan yang mengumpul, dengan perhatian khusus pada tegaknya tubuh dan kesadaran pada kaki untuk membangun kestabilan yang bagus. Pada mulanya tubuh bergerak sebagai satu kesatuan, namun sejalan dengan mengendornya persendian dan otot kita mulai berputar dari paha, untuk memimpin pinggang, untuk memimpin tubuh, untuk memimpin lengan. Bukan karena diangkat, naiknya lengan didorong dari tenaga dari bawah dan diungkapkan oleh relaksasi tubuh, bahu dan siku. Kemudian setiap gerakan di tubuh bagian atas merupakan hasil dari perubahan dari bawah.

Dari permulaan pentingnya struktur harus ditekankan. Struktur ini adalah akurasi dan keselarasan baik dalam postur maupun nantinya selama transisi, dan menyediakan jalan bagi energi untuk melewatinya. Seperti selang air, yang terpelintir atau ditekan bisa menghentikan air yang menglair, di dalam tubuh persendian dan ketegangan otot yang terkunci akan menghambat jalannya energi.

Berfokus pada Qi atau Yi sebelum struktur mapan tidak banyak manfaatnya, seperti membangun listrik tanpa punya kabel untuk mengalirkannya. Meditasi dan Qigong juga mengolah Yi dan Qi tetapi tanpa tuishou Yi dan Qi tidak punya metode untuk menyalurkan tenaga yang relaks.

Akurasi bukanlah semata-mata detail dari posisi (di mana), atau urutan (kapan), namun yang lebih penting adalah proses bagaimana Anda bergerak. Ketidakakuratan barangkali jelas bagi Anda dalam tuishou, namun di dalam juruslah Anda melatihnya. Jika Anda tidak bisa menjaga keselarasan Anda ketika tidak ada tenaga dari luar yang mempengaruhi Anda, maka tidaklah mungkin jika ada tenaga dari  luar.

Keselarasan merujuk pada kondisi keseimbangan sentral, yaitu tegak dan berada di tengah secara horisontal dan vertikal. Ketika bergerak, kanan dan kiri perlu berubah secara imbang, sehingga kedua lutut, paha, dan bahu jatuh pada kecepatan yang sama, tidak satu sisi lebih cepat daripada yang lain.

Jika para murid hanya melatih kendor, relaks dan peka, maka jurus mereka tidak akan mengakar (jurus mengambang) dan saat tuishou mereka tidak punya tenaga relaks untuk dikeluarkan. Bahkan tempelan mereka hanya di level permukaan. Karena itu Anda perlu memasukkan mengendap di dalam jurus.

Song merupakan proses eksternal dan internal – secara fisik relaks, dan secara mental mengendap. Relaksasi merupakan mekanisme fisik yang melibatkan pelepasan sendi dari kaki ke atas. Untuk terhubung dengan tanah, Anda harus merelakskan kaki dan pergelangan kaki, kendorkan lutut dengan menjatuhkan paha pada soketnya. Ini akan menciptakan ruang bagi tubuh untuk berada pada tempatnya. Bahu kemudian bisa dijatuhkan diikutin dengan menurunkan siku dan pergelangan tangan. Relaksasi bagian tubuh bawah, atas dan lengan harus terjadi hampir bersamaan untuk menghindari tertahannya mengendap.

 

Mekanisme Internal

Semua mekanisme internal dalam Taiji harus dikultivasi menggunakan pikiran (Yi), yang terdiri dari dua bagian – niati dan kesadaran.  Ketika Anda berniat untuk bergerak pertama-tama Anda memikirkan dulu, kemudian tubuh bertindak, dengan cara di mana Anda perlu menyadarinya, bila tidak Anda tidak akan memahami proses atau perubahannya. Dengan demikian dalam setiap gerakan Anda harus pertama-tama mempunyai niat, kemudian diikuti oleh kesadaran.

Berpikir hanyalah merencanakan. Adalah kesadaran yang Anda gunakan untuk mengkultivasi relaksasi – tenaga mengendap dan tenaga pantulan –  memvisualisasikannya, dan menggerakan kesadaran Anda untuk mengalaminya. Pada awalnya tenaga tersebut mungkin tidak secara fisik terjadi dengan cara yang jelas, namun setelah latihan yang lama tenaga tersebut akan muncul ketika Anda memvisualisasikannya.
Yi mengarahkan Qi, sehingga di mana pun kesadaran berada, energi akan ada di sana. Berfokus pada Qi itu sendiri bisa menghambat, atau membuatnya macet. Aliran Qi adalah hasil dari kesadaran yang Anda arahkan.

Mengendap merupakan aliran sensasi terus menerus dari mahkota ke bawah. Untuk pertama melatihnya kita melepaskan (sebagaimana digambarkan di atas) kemudian memvisualisasikan secangkir air hangat yang dituangkan dari mahkota kepala, mengalir turun ke tubuh dan kaki dengan rasa meleleh melewati kaki dan masuk ke tanah.

Pada tahap pertama melatih mengendap di dalam jurus, murid belajar untuk mengendap dalam postur dengan masuk ke dalam posisi kemudian membiarkan sensasinya untuk selesai, sebelum melancarkan dan bergerak ke dalam postur berikutnya.

Setelah sekitar satu tahun mengendap dalam setiap postur, mengendap dalam transisi diperkenalkan. Di sini proses dimulai pada saat kaki yang kosong mulai bergerak, dengan cara ini murid mengendap pada kaki yang isi dan melanjutkan tanpa terganggu oleh penyesuaian kaki, putaran paha, perpindahan berat badan, dan bahkan saat melepas tenaga.

Hasil dari relaksasi dan mengendap adalah meningkatnya tekanan pada kaki.  Ini diistilahkan grounding, atau mengakar. Penting diingat bahwa ketenangan menghasilkan relaksasi, relaksasi menghasilkan mengendap, mengendap menghasilkan grounding, grounding menghasilkan tenaga pantul. Karena itu Jing adalah hasil dari Song,dan mengendap terus menerus akan memasok tenaga terus menerus.

 

Tuishou

Tuishou hanyalah perluasan jurus. Perbedaannya hanyalah tenaga eksternal mendorong gerakan Anda. Anda harus bergerak dengan kesadaran yang sama seperti menjalankan jurus dan apapun yang Anda latih dalam jurus perlu dimasukkan dalam tuishou Anda.

Memberi jalan bukanlah lari dari tenaga. Tidak juga melawannya. Bergerak mendahului tenaga adalah menjauh atau putus. Bergerak terlambat setelahnya adalah melawan. Adalah lalat yang hinggap yang membuat Anda bergerak, bukan karena lalat yang hinggap yang membuat Anda menjauh. Tenaga yang datang yang menciptakan gerakan dalam diri Anda. Ketika Anda mendorong spons, spons itu tidak berusaha lari dari Anda, di hanya menyerap tenaga Anda. Ketika tenaga Anda habis, spons itu mengikuti Anda kembali. Ini adalah menempel.

Dalam Taiji menempel adalah mengikuti center orang lain, yang terhubung dari akar Anda melalui dan masuk ke dalam orang lain, sehingga keduanya bisa bergerak menyatu. Menempel membutuhkan mendengarkan, mengendap, membuka, menutup, dan gerakan-gerakan selaras. Proses mengosongkan tenaga yang datang ke dalam tanah, dan menempel pada dasar lawan, membutuhkan mekanisme yang sama yang digunakan untuk mengendap dalam jurus.

Karenanya jika orang belum terlatih mengendap, mereka mungkin bisa memberi jalan dan menerima tenaga untuk memperlemahnya, namun sebagian dari tenaga tersebut masih mengenai dirinya.  Selain itu, mereka hanya akan bisa menempel pada permukaan lawan dan tidak punya kontak pada akar lawan.

Menetralisasi adalah membelokkan tenaga yang datand dan selanjutnya kemampuan mengosongkan tenaga itu sepenuhnya dari tubuh dan kemudian ke tanah. Dengan keselarasan yang bagus arah pertama yang dipelajari untuk menetralisasi adalah horisontal, memutar di sekitar sumbu tulang belakang.  Ketika membuka, menutup, dan mengendap bisa dimasukkan, netralisasi juga menjadi vertikal dan internal, memungkinkan tenaga yang datang untuk diterima dan dipantulkan kembali kepada lawan.

Buka dan tutup merujuk pada ruang antara tangan Anda, lengan, dan tubuh. Melepas dari center adalah tutup; Buka adalah mengembangkan dari center. Gerakan di luar adalah hasil dari perubahan di dalam. Tutup membutuhkan ruang agar terjadi, yang disediakan oleh mengendap.

Kecepatan dan timing harus berhubunggan satu dengan yang lain. Jika Anda memutar jam, walaupun pemutar memutar gerigi, dan memutar roda yang lain dan seterusnya sampai jarum bergerak, semuanya nampak bergerak bersama. Tidak ada roda yang berputar lebih cepat daripada roda yang menggerakkannya, semuanya bergerak tepat pada kecepatan dan waktu yang sama.  Walaupun Anda memutar paha, tersambungnya bersamaan menghasilkan bagian tubuh lainnya sampai pada tujuan yang berbeda secara simultan.

Dalam tuishou, bahkan dengan kepekaan dan  ketrampilan mendengarkan yang bagus, ketidakakuratan atau sinkronisasi yang buruk akan meninggalkan celah bagi orang lain untuk masuk atau Anda akan macet dengan mengunci diri sendiri.

Mensinkronkan perubahan lewat jurus adalah langkah penting dalam membangun Taiji Anda. Ini adalah timing alami yang menghasilkan ketika relaksasi mendorong gerakan Anda, mengendap dan melepaskan berasal dari akar di bawah dan buka tutup berasal dari center di dalam.

Ketika udara keluar dari balon, semua sisinya mengempis bersama-sama pada kecepatan yang sama. Pengosongan ini rata dan disebut keseimbangan yang seharusnya ada dalam setiap buka dan tutup, yaitu di seluruh jurus dan tuishou. Jika Anda dalam posisi seimbang seperti timbangan, tekanan yang paling kecil pun akan membuat bergerak, dengan kondisi strukturnya berada di tempat yang tepat.

Sebelum pelepasan selalu ada titik memutus akar lawan, yang bisa dimulai pada saat Anda menempel. Ketika membangun kemampuan melepaskan, murid perlu menunggu mengendapnya selesai sebelum membiarkan tenaga untuk – memantul dari akar, memperbesarnya di tungkai, mengarahkannya dengan paha dan melewati tubuh dan lengan sampai ke ujung jari (atau titik kontak mana pun).

Pada mulanya pelepasan tenaga dipicu oleh sebuah dorongan kecil dari kaki yang isi ke dalam tanah. Namun kemudian ini menjadi tidak perlu karena 1% relaksasi menjadi 1% mengendap, di mana 1% dari grounding yang setara 1% tenaga. Seperti juga dalam pegas, di mana Anda menekannya, tenaga kembali kepada Anda. Ingat bahwa efisiensi pegas tergantung pada strukturnya – jika terlalu keras tidak akan ada kompresi, bila terlalu lunak akan kolaps, keselarasannya buruk akan penyok.

Kualitas dorongan jauh lebih penting daripada kuantitas berapa jauh Anda melemparkan seseorang. Dengan dorongan yang bagus dan bersih, kedua kaki mereka akan terangkat, bukan hanya terdorong ke belakang. Kekuatan muncul dari energi bukan kekuatan fisik, maka pengalaman yang dikeluarkan seharusnya ringan dan nyaman, bukan brutal dan kasar. Jika semua berada pada tempatnya dari struktur sampai pada timing Anda barangkali bisa dibuat melayang, namun ini bukan poinnya.

Taiji adalah proses bukan hasil. Latihan, Jurus dan Tuishou merupakan metode untuk mengeksplorasi prinsip-prinsip dalam semua gerakan. Untuk meningkatkannya kita hanya perlu untuk menghaluskan gerakan kita dan memperdalam pemahaman tentang prinsip-prinsipnya. Namun demikian, ini merupakan proses yang berjalan terus menerus. Pada akhirnya jurus menjadi tidak berbentuk, dan setiap aksi atau non-aksi berada dalam keharmonisan – itulah Taijiquan.

 

Diterjemahkan dari:

Important Points for Progress in Taijiquan

http://www.taijiquan-school-of-central-equilibrium.com/notes/important-points/

Advertisements

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s